Antisipasi Kecelakaan, Ramp Check Sasar Bus AKAP di Salatiga

SALATIGA, Lingkarjateng.id Polres Salatiga bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar ramp chek bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Tipe A Tingkir, Rabu, 6 Maret 2024. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelengkapan administrasi (surat-surat) dan kelaikan armada bus.

Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengatakan, ramp chek dilakukan untuk memastikan angkutan umum bus AKAP dalam kondisi laik jalan dan tertib administrasi. Selain itu, ramp check untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Salatiga.

“Ramp chek kami lakukan untuk mengetahui kondisi kelaikan angkutan umum seperti bus AKAP menjelang Ramadhan. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas serta memantau ketertiban juru mudi terkait administrasi armada,” jelasnya.

AKBP Aryuni berharap dengan adanya ramp chek ini, juru mudi angkutan dan perusahaan oto bus tertib administrasi dan selalu memperhatikan kondisi kelaikan armadanya. Sebab armada yang tidak laik, bisa membahayakan keselamatan penumpang.

“Kelengkapan administrasi dalam beroperasional wajib dipenuhi dan armada juga harus laik jalan agar benar-benar aman dan nyaman saat ditumpangi penumpang,” ucapnya.

Dalam kegiatan ramp check, Kapolres Salatiga juga melakukan edukasi kepada sejumlah penumpang yang sedang transit di Terminal Tipe A Tingkir maupun yang berada di dalam bus mengenai antisipasi tindak kejahatan dan meningkatkan kewaspadaan kepada penumpang bus agar terhindar dari aksi kejahatan.

“Saat dalam perjalanan jangan lengah dengan barang bawaan. Jangan memakai perhiasan berlebihan dan jangan takut melapor kepada kru bis jika melihat hal yang mencurigakan di dalam bus,” ujarnya.

Sementara itu, pada ramp chek kali ini polisi tidak menemukan pelanggaran. Semua bus yang diperiksa dalam kondisi laik jalan dan tidak ada pengemudi bus yang melakukan pelanggaran administrasi. (Lingkar Network | Angga Rosa – Lingkarjateng.id)