Dishub Salatiga Gelar Ramp Check Bus AKAP dan AKDP Jelang Nataru

SALATIGA, Lingkarjateng.idDinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga akan melakukan pemeriksaan kelaikan (ramp check) angkutan umum seperti bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Tingkir pada 19 – 20 Desember 2023.

Ramp check dilakukan untuk mengetahui kelaikan angkutan umum yang beroperasional di Salatiga sekaligus mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas saat liburan Natal dan tahun baru 2024. 

Selain itu, Dishub bersama Polres Salatiga, Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan pihak Terminal Tingkir Salatiga juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan kru bus untuk memastikan kondisi kesehatannya saat bekerja.

“Pada saat Natal dan tahun baru diprediksi ada peningkatan mobilisasi masyarakat. Karena itu, kami melakukan ramp check untuk memastikan kondisi armada yang beroperasional laik jalan,” kata Kepala Dishub Kota Salatiga Sri Satuti, Kamis, 14 Desember 2023. 

Pemeriksaan ramp check itu meliputi surat-surat dan kondisi fisik armada sehingga dapat dipastikan kelaikan armada.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan kru bus akan dilakukan melalui tes urine untuk memastikan kondisi kesehatan sopir dan kru bus benar-benarfit serta bebas narkoba.

“Ini salah satu langkah penekanan angka kecelakaan yang disebabkan human error. Salah satu indikatornya bisa dilihat dari hasil tes urine. Apakah para pengemudi menggunakan narkoba atau minum minuman beralkohol saat mengemudikan bus,” ujarnya.

Menurutnya, sopir bus memiliki tanggunjawab yang besar karena membawa penumpang dalam jumlah yang banyak. Jika dalam pekerjaannya mereka mengkonsumsi narkoba maupun minuman beralkohol, akan sangat beresiko.

“Sopir bus berperan sangat penting karena membawa penumpang. Karena itu, operasional bus harus dipantau,” pungkasnya. (Lingkar Network | Angga Rosa – Koran Lingkar)