Dishub Salatiga Petakan Titik Rawan Kemacetan dan Laka Lantas saat Nataru

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga memetakan beberapa titik rawan kemacetan dan kecelakaan di jalur mudik Natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Salah satu titik rawan kemacetan saat Nataru di Kota Salatiga yakni di kawasan exit Tol Tingkir. Sedangkan titik rawan kecelakaan berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) tepatnya di simpang empat Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo.

“Ada beberapa titik rawan kecelakaan di sepanjang JLS. Diantaranya simpang empat Kumpulrejo dan simpang empat Ngemplak,” kata Kepala Dishub Kota Salatiga Sri Satuti pada Kamis, 21 Desember 2023.

Dishub Salatiga juga berkoordinasi dengan Satlantas untuk menyiapkan skema rekayasa lalu lintas mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas saat Nataru.

“Langkah dan upaya untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, kami akan menambah rambu-rambu dan memasang tulisan imbauan-Imbauan. Kami juga melakukan pemantauan arus lalu lintas melalui kamera ATSC yang dipasang di lima titik, diantaranya di simpang empat Pasar Rejosari, simpang tiga Cebongan, simpang empat jetis, simpang empat Kecandran,” paparnya.

Menurutnya, pemantauan arus lalu lintas menggunakan teknologi ATCS sangat diperlukan. Sebab jika terjadi penumpukan arus lalu lintas di lima titik tersebut petugas bisa segera melakukan langkah penanganan.

“Titik yang dipasangi kamera CCTV ATCS tersebut merupakan titik rawan kepadatan arus lalu lintas. Sehingga harus terus dipantau,” ucapnya. (Lingkar Network | Angga Rosa – Koran Lingkar)