Ketahuan Lakukan Pelanggaran, 20 Sopir Bus AKAP-AKDP Salatiga Disanksi

SALATIGA, Lingkarjateng.idDinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga menggelar ramp chek dan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) serta antarkota dalam provinsi (AKDP) pada 19 – 20 Desember 2023.

Hasilnya, Dishub menindak 20 sopir bus AKAP dan AKDP yang kedapatan melakukan pelanggaran admistrasi seperti tidak membawa STNK, buku uji KIR dan penyimpangan trayek. 

Sedangkan dalam pemeriksaan tes kesehatan dan urine, dari 106 juru mudi (sopir) angkutan umum yang diperiksa semuanya dinyatakan dalam kondisi sehat dan nihil narkoba.

“Pada hari pertama ramp chek pada 19 Desember, kami melakukan pemeriksaan terhadap 46 bus AKAP dan AKDP. Selain itu, juga memeriksa kesehatan 80 orang juru mudi. Hasilnya, 8 juru mudi armada bus kedapatan melakukan pelanggaran administrasi,” terang Kepala Dishub Kota Salatiga Sri Satuti, pada Rabu, 20 Desember 2023.

Dishub Salatiga Gelar Ramp Check Bus AKAP dan AKDP Jelang Nataru

Kemudian, pada ramp chek yang dilaksanakan pada 20 Desember 2023, petugas memeriksa sebanyak 28 bus AKAP dan AKDP. Hasilnya, 12 orang juru mudi kedapatan melakukan pelanggaran administrasi. 

“Kepada juru mudi yang melakukan pelanggaran administrasi, kami tindak dengan memberikan surat teguran. Terkait hasil pemeriksaan kesehatan, ada 22 orang yang diperiksa kesehatannya dan semuanya dinyatakan sehat serta nihil narkoba,” terangnya. 

Sri menjelaskan, ramp chek dilakukan untuk mengetahui kondisi kelaikan angkutan umum menjelang Natal 2023 dan tahun baru 2024. Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas serta menertibkan juru mudi angkutan umum yang melakukan pelanggaran administrasi. 

“Kami berharap dengan adanya ramp chek ini, juru mudi angkutan umum yang tidak tertib administrasi bisa melengkapi administrasi yang dibutuhkan dalam beroperasional dan tidak melakukan pelanggaran lagi. Selain itu, juga memperbaiki armadanya agar benar-benar aman dan nyaman saat ditumpangi penumpang,” ucapnya. (Lingkar Network | Angga Rosa – Koran Lingkar)