Kunker Presiden Jokowi di Salatiga, Pastikan Penyaluran Bantuan Pangan Sesuai Jadwal

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kota Salatiga pada Senin, 22 Januari 2024.

Agenda Presiden Jokowi di Salatiga diantaranya menyalurkan bantuan pangan 2024 dan meninjau pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga sekaligus pelayanan BPJS Kesehatan.

Kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi di Salatiga yakni menyalurkan bantuan pangan 2024 yang digelar di Lapangan Klumpit, Kecamatan Tingkir.

Sebanyak 1.062 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Gendongan, Sidorejo Kidul dan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga menerima bantuan pangan pemerintah. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Presiden Jokowi di Lapangan, Klumpit, Tingkir.

Tiap KPM menerima paket bantuan yang berisi beras 5 kg, gula 1 kg, snack, teh dan minyak goreng 1 kg serta beras 10 kg. 

Presiden Jokowi mengatakan, bantuan pangan ini disalurkan mulai September, Oktober, November dan Desember 2023.

“Bapak, ibu sudah menerima semua beras yang 10 kg di bulan ini (Januari 2024)? Yang Desember kemarin (2023) sudah? Yang Januari ini ada penerima (KPM) tambahan,” kata Presiden Jokowi kepada warga. 

Presiden Jokowi menyatakan, bantuan pangan pemerintah pada 2024 ini akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat hingga Juli.

“Setelah ini, akan kita salurkan Februari, Maret. Setelah Maret, April, Mei, Juni. Setelah itu, kita akan itung-itungan lagi. Kalau APBN kita masih kuat, kita lanjutkan lagi. Semoga APBN kita kuat, sehingga (bantuan) bisa terus kita lanjutkan,” bebernya.

Salah satu penerima bantuan, Gunanto (53) warga Sidorejo Kidul, RT 04 RW IV, bersyukur mendapatkan bantuan pangan tersebut.

“Saya sehari-hari hanya buruh harian lepas. Dengan bantuan ini sangat senang. Saya juga belum pernah dapat bantuan apa pun termasuk dari Pemkot Salatiga,” ujarnya.

Dia menuturkan, bantuan pangan pemerintah ini sangat membantu dirinya dalam mencukupi kebutuhan hidup.

“Saya baru mendapatkan penghasilan jika ada pengunjung yang memberikan tip. Kalau tidak ada, ya tidak dapat,” ucapnya. 

Sementara itu warga lain, Aprilia berharap dirinya bisa terus mendapat bantuan pangan pemerintah ini. Sebab dirinya selama ini belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.

“Saya ini warga kurang mampu, tapi tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Baru kali ini mendapat bantuan beras. Saya berharap pendataan penerima bantuan bisa lebih teliti agar penyalurannya tepat sasaran,” ujarnya.

Usai menyalurkan bantuan pangan, menurut agenda kunjungan Presiden Jokowi di Salatiga akan dilanjutkan ke RSUD Kota Salatiga untuk meninjau pelayanan fasilitas kesehatan sekaligus layanan BPJS Kesehatan. (Lingkar Network | Angga Rosa – Lingkarjateng.id)