Presiden Jokowi Kunjungi Grobogan, Tinjau Layanan USG di Puskesmas 1 Toroh

GROBOGAN, Lingkar.news – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambangi puskesmas di Puskesmas 1 Toroh, Kabupaten Grobogan, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Grobogan tersebut, untuk meninjau langsung pengadaan alat Ultrasonografi (USG) yang digunakan untuk melihat tumbuh kembang janin dalam kandungan di Puskesmas 1 Toroh.

“Saya ingin memastikan puskesmas memiliki USG untuk ngecek kehamilan. Tadi saya cek, sistemnya bagus. Alatnya ada,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa, pemerintah pusat sudah memberikan 10 ribu alat USG kepada seluruh Puskesmas di seluruh Indonesia.

“10 ribu Puskesmas sudah memiliki USG dan kita harapkan nanti, semua Puskesmas sudah memiliki USG,” harapnya.

Hal ini bertujuan agar bayi di dalam kandungan dapat dideteksi lebih dini.

Presiden Jokowi juga menilai bahwa, semua data pelayanan USG pada ibu hamil itu nanti langsung masuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Jakarta.

Presiden Jokowi menilai bahwa hal ini sangat penting untuk menuntaskan kasus stunting.

Lebih lanjut, kunjungan Presiden Jokowi ke Grobogan juga menjelaskan terkait pemberian alat timbangan bayi diberikan pemerintah kepada posyandu-posyandu.

“Ada 300 ribu timbangan yang kita berikan. Bila sebelumnya tidak ada, sekarang ada semuanya. Sehingga posyandu bisa mengecek berat bayi dan balita, semuanya bisa dicek,” tuturnya.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menangani stunting

Sementara itu, Kepala Puskesmas Toroh 1 Iwan Satrianto mengatakan bahwa, kunjungan Presiden Jokowi dalam rangka meninjau fasilitas kesehatan berupa alat USG yang merupakan bantuan Kementerian Kesehatan.

Senada, ia juga menuturkan bahwa, laporan data akan langsung terkirim ke Kemenkes RI.

“Peralatan USG tersebut bisa link ke WA ibu hamil itu, dan laporan data langsung terkirim ke Kementerian Kesehatan,” kata Iwan Satrianto

Menurut Iwan pelayanan USG untuk ibu hamil di Puskesmas Toroh 1 dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Kamis.

Diketahui, ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam Kunjungannya di Kabupaten Grobogan selain Menkes, ada Ibu Iriana Jokowi, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Hadir pula Wakil Bupati Grobogan Bambang Pudjianto, Kepala Kejari Grobogan Iqbal, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Kepala Dinkes Slamet Widodo, dan disambut Kepala Puskesmas Toroh 1 Iwan Satrianto.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga meninjau perbaikan Jalan Solo-Purwodadi, Jawa Tengah, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Kunjungan Presiden Jokowi pada hari ini, Selasa, 23 Januari 2024 merupakan kunjungan kedua, setelah kemarin pada Senin, 22 Januari 2024 Presiden Jokowi mengunjungi Salatiga, Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Dalam kunjungannya di Provinsi Jawa Tengah kali ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan sejumlah bantuan antara lain bantuan pangan, meninjau dan meresmikan infrastruktur, menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, hingga menghadiri apel santri dan pelajar. 

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin dan Plh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Erlin Suastini. (Lingkar Network | Eko Wicaksono – Lingkar.news)